1.
Perangkat
Input Komputer
Perangkat input merupakan
jenis perangkat untuk memberi masukan ke dalam komputer. Selain sebagai alat
untuk memasukkan data dalam komputer, perangkat input juga berfungsi untuk
menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang
dikenal oleh komputer, kemudian mengirimkan data tersebut ke dalam media
penyimpanan. Berikut
ini merupakan contoh-contoh alat input.
Contoh dari perangkat input
komputer antara lain sebagai berikut.
a.
Keyboard
Keyboard
adalah perangkat input berbentuk
papan ketik yang memiliki tuts atau
tombol
huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard merupakan
alat input utama dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita inputkan melalui keyboard.
1)
Keyboard
QWERTY
Sesuai dengan namanya QWERTY yang
merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini
diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini
pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY
merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk
mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik
manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering
digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis
Qwerty tetap digunakan.
2)
Keyboard
DVORAK
Keyboard ini dibuat pada tahun
1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan
efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian
rupa sehingga 56% ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak
bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf
berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah
lebih sering diketuk kira-kira sampai 70% dan perpindahan antar baris hanya sekitar
10%, huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan
Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan
tangan.
3)
Keyboard
KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud
menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua
bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard
dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu,
keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis)
dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak
lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak
memakan ruang.
4)
Keyboard CHORD
Hanya mempunyai beberapa tombol
antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol
secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel.
Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang
diinginkan Kecepatannya tinggi kurang populer, karena pada pemakaian yang lama
akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
5)
Keyboard
MALTRON
Tak seperti keyboard pada umumnya
yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa
pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak
akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada
dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia
mengetik dengan keyboard biasa. Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari
tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka
dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress
Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan
menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron
menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI
bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan
adalah 10 jari bukannya 8 jari.
6)
Keyboard
Proyeksi
Untuk menghemat tempat
(diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan
menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning
akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu.
Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
b.
Mouse
Mouse sangat penting
peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI
(Graphical User
Interface), antarmuka yang terdapat pada sebagian
besar komputer masa kini.
Mouse
digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah
pada menu-menu yang tampak pada layar monitor.
Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Tombol scroll digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah
halaman secara cepat.
Secara fisik, Mouse dibedakan menjadi dua, yaitu:
1)
Mouse
Optic
Mouse ini
sering di gunakan pada saat ini dengan adanya optic yang berada di bawah mouse
untuk menggerakkan pointer.
2)
Mouse
Track Ball
Untuk Mouse yang
jenis ini sudah sangat jarang di gunakan, karena terdapat sebuah Bola kecil
yang berada di bawah Mouse sehingga mudah terserang Debu dan Kotoran.
Jenis - jenis Mouse
berdasarkan Port, adalah sebagai
berikut.
1)
Mouse Serial
Mouse jenis ini
berberbetuk Port serial yang terdapat beberapa pin di Ujung Portnya mungkin
saat iini sudah jarang di gunakan, Karena Mouse jenis ini di gunakan kisaran
pada Komputer Pentium 1 dan Pentium 3 dan berjenis AT.
2)
Mouse
PS2
Mouse yang memiliki Ciri khas Berwarna Hijau di
bagian Ujungnya, untuk membedakan antara Keyboard dan Mouse dan biasanya
digunakan pada Komputer jenis ATX, Dan jenis ini masih sering di gunakan hingga
saat ini.
3)
Mouse
USB
Mouse USB ini
sangat Complaitable untuk komputer pada jaman sekarang karena Berbentuk USB
sehingga kecepatan Transfer yang cukup cepat membuat pengguna sangat berminat,
dan berbeda dengan Port lainnya.
4)
Mouse
Wireless
Mouse yang tergolong
baru ini sudah menjadi popular bagi kalangan pengguna laptop maupun komputer,
karena sudah menggunakan teknologi Wifi yang menggunakan Sensor kecil berbentuk
USB, sehingga mampu di gunakan pada laptop, Mouse ini tergolong mahal jadi
tidak semua orang memilikinya.
c.
Light
Pen
Light pen merupakan perangkat masukan berupa pena yang disambungkan
kabel di belakangnya, dimana kabel ini akan dihubungkan langsung ke komputer.
Light pen menggunakan cahaya ketika menerima masukan.
Cara kerja dari light pen adalah apabila ujung pena dibawa ke
layarmonitor sampai jarak yang cukup dekat, kemudian kita gerakkan pena
tersebut di layar, maka di layar akan terdapat gambar maupun tulisan hasil
goresan yang telah dibuat. Hasil goresan ini bisa disimpan dalam bentuk file.
d.
Joystick
Joystick
digunakan
untuk memasukkan perintah
pada
saat
kita menjalankan game
komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan
tombol-tombol di bagian atas.
e.
Trackball
Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game komputer.
Pada alat ini terdapat
bola berukuran cukup besar sehingga mudah digerakkan saat bermain game.
f.
Scanner
Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto,
atau tulisan menjadi data digital yang dapat
diproses oleh komputer.
g.
Touch Pad
Touch
pad merupakan perangkat penunjuk berupa tempat datar untuk menggerser pointer
pada layar monitor dengan menempelkan jari di atasnya, kemudian digerser ke
arah yang dikehendaki.
h.
Barcode reader
Barcode
reader adalah alat yang bekerja seperti scanner,
yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca
oleh komputer.
Bentuk barcode dapat Anda
lihat pada gambar di
bawah ini. Untuk membaca barcode
semacam itu, kita memerlukan barcode reader seperti yang terlihat pada gambar di
bawah ini.
i.
Mikrofon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.
Alat ini harus
kita hubungkan ke kartu suara (soundcard) agar dapat
menerima input berupa suara.
Dengan bantuan perangkat
lunak tertentu, input suara tersebut dapat
kita edit
dan
kita simpan di
komputer.
j.
Touch screen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan
data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. Anda dapat menjumpai touch screen di
tempat-tempat umum yang
menyediakan informasi untuk
umum atau di mesin ATM.
k.
Kamera video
Kamera video atau
sering
disebut camcorder adalah alat untuk
merekam objek bergerak
hingga menjadi file video atau film. Camcorder termasuk alat input. Hasil rekaman
dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat
lunak khusus. Hasilnya kemudian
dapat kita salin ke cakram CD
atau DVD.
atau DVD.
l.
Kamera foto
Sebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital. Kamera
digital lebih
mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil
gambar sebanyak-banyaknya
tanpa
perlu takut gagal karena
gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer.
m. Digitizer
Digitizer merupakan alat masukan yang menggunakan diamagnetis yang
fungsinya untuk memindahkan gambar dari media kertas ke komputer. Contohnya
adalah gambar peta.
2.
Perangkat Pemrosesan (Processing Device)
Proses kerja komputer
merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa
komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan
atau didominasi oleh suatu alat,
namun paduan dari sejumah komponen.
Di
bawah ini adalah
alat-alat proses yang digunakan
oleh
komputer untuk mengolah data.
a.
Prosessor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering dijuluki
otak komputer.
Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan
prosessor dari tahun ke tahun. Bahkan seri komputer dikendalikan oleh seri prosessor keluaran terbaru.
Di Indonesia, kita mengenal beberapa
merek prosessor, di antaranya
Intel, AMD (Advanced Micro
Device), PowerPC,
dan Cyrix.
b. Main Memory
Main
memory merupakan tempat penyimpanan data internal komputer. Dalam hal ini yang
disimpan memori dapat berupa data atau program diantaranya sebagai berikut.
1)
Menyimpan
data yang berasal dari peranti masukan sampai dikirim ke ALU (Arithmetic
Logical Unit) atau CPU untuk diproses.
2)
Menyimpan
data hasil dari pemrosesan ALU sebelumdikirim ke peranti pengeluaran.
3)
Menampung
program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti sekunder.
Ada dua jenis main memory pada komputer yaitu
sebagai berikut.
1) RAM (Random Access Memory )
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa
mempedulikan letak data tersebut dalam
memori. Ini berlawanan
dengan sequential
memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal
dari memori tipe ini memaksa
komputer untuk
mengakses data secara
berurutan.
Ada beberapa tipe RAM yang digunakan dalam
sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR RAM
(Double Data
Rate RAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512 MB,
1 GB, 2 GB hingga
8 GB.
2) ROM (Read Only Memory)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang
dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanya dapat dibaca
dan tidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tidak tergantung pada arus
listrik ROM memiliki baterai sendiri.
Jenis
ROM antara lain sebagai berikut.
a)
PROM (Programmable Read
Only Memory), merupakan memori ROM ang isinya bisa dihapus dengan sinar
ultraviolet, untuk kemudian bisa diprogram kembali dengan menggunakan peralatan
khusus.
b)
EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory), merupakan memori ROM yang hanya bisa
diprogram ulang untuk memasukkan informasi lain yang diperlukan dengan
menggunakan ROM burner.
c)
EEPROM (Electronically
Erasable Programmable Read Only Memory), merupakan salah satu jenis ROM
yang bisa dihapus dengan sinyal elektrik dan bisa
diprogram kembali dengan menggunakan alat khusus.
c.
Mainboard
Mainboard merupakan papan
elektronik
untuk meletakkan berbagai macam komponen
komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara
langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya
sangat penting dalam komputer. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada
mainboard berfungsi
untuk mengatur dan mengkomunkasikan data
maupun informasi yang diproses di komputer.
d.
Kartu VGA (Video Graph Array)
Kartu VGA
atau
VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor.
Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor.
Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor,
selain ditentukan
oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA. Kartu VGA dilengkapi dengan memori yang besarnya bervariasi mulai dari 512MB hingga lebih
dari 1GB.
e.
Kartu suara (sound card)
Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi
mengolah suara.
Alat ini dapat
digunakan sebagai alat input, alat proses atau alat output. Kualitas suara yang dihasilkan
oleh
komputer ditentukan oleh
mutu
kartu suara
yang terdapat di dalamnya.
f.
Power Supply
Power
supply merupakan alat yang berguna untuk memberikan sumber daya listrik ke
segala komponen-komponen yang terdapat dalam mainboard, harddisk, CD-ROM, dan
floppy disk. Power supply akan mengatur arus listrik yang masuk dan membagi
sumber daya ke setiap komponen.
Power supply yang memiliki kabel
power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8
dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di
tengah jika disatukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.
Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini.
Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya,
jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol
untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.
3.
Perangkat Penyimpanan (Storage Device)
Media penyimpanan data merupakan perangkat penyimpanan data
eksternal pada komputer. Hasil olahan informasi dari komputer bisa disimpan
dalam perangkat ini. Tujuan adanya media penyimpanan data adalah sebagai
berikut.
a.
Menyimpan data dan program secara permanen dan
tidak bergantung pada aliran listrik.
b.
Sebagai alat untuk memindahkan data dan program
dari satu komputer ke komputer lainnya.
c.
Sebagai alat back up (cadangan) data dan program demi keamanan file-file
penting.
Jenis
media penyimpanan data ada dua jenis yaitu sebagai berikut.
a. Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini
memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya
sehingga disebut cakram keras.
b. CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang
digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat
CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM
atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram
CD/DVD disebut CD writer atau DVD
writer. Secara fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang
berbeda. DVDrom sanggup membaca
data cakram
cd.
Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup membaca
cakram DVD.
c. USB flashdisk
Media penyimpanan
USB flashdisk
lebih populer disebut
flashdisk.
Bentuknya kecil
dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer.
Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. Ukuran yang kecil
dan
sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk
menjadi peralatan
wajib bagi
pengguna komputer yang
harus sering memindahkan
data.
d. Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik
lentur
(floopy).
Kapasitasnya yang
kecil,
yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak
lagi
digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa
keperluan khusus.
e. Optical disk
Optical disk atau yang
sering disebut CD atau DVD merupakan
media penyimpanan
berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya.
Secara fisik, CD dan
DVD sangatlah mirip. Namun
kapasitas penyimpanan
data keduanya terpaut jauh. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB,
sedangkan DVD mampu
menyimpan data hingga 4,7 GB,
bahkan 17 GB.
4.
Perangkat Keluaran (Output Device)
Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna
melalui alat output. Beberapa alat output yang
banyak
digunakan
dalam sistem komputer
adalah
sebagai berikut.
a. Monitor
Monitor adalah
alat
output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan
perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal
dua jenis monitor, yakni monitor CRT
(Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
b. Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar.
Ada
tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran,
yakni printer dot
matrix, printer
inkjet, dan printer laser.
Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat
tulisnya berupa jarum, mirip
dengan
mesin
ketik.
Meski printer
ini
sudah jarang digunakan,
namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak
yang menggunakan karena
hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi). Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer. Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin fotocopy.
Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas
dan dipanaskan hingga
suhu
tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut,
printer laser memiliki kualitas cetakan yang
paling baik.
Ukuran kecepatan mencetak
sebuah printer biasanya dinyatakan dalam
satuan cps (character per second), lpm (line per
minute) atau
ppm (page per minute).
c. Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat
bantu saat
presentasi dan rapat maupun sebagai media
pembelajaran. Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan
ke VCD/ DVD player sehingga
dapat
difungsikan sebagai home theater.
d. Speaker
Speaker merupakan alat output audio.
Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data
audio yang terjadi di dalam komputer. Saat ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai
alat komputasi, namun juga menjadi media hiburan. Tidak heran jika produk-produk speaker aktif
untuk komputer memiliki kualitas suara yang
bagus.
Apakah materi ttg komputer ini yg ibu buat dipakai untuk diklat, untuk bahan perkuluaha atau bahan pembelajaran di kelas?
BalasHapusuntuk bahan pembelajaran di kelas pak.
HapusProyektor LCD itu sama dengan monitor LCD secara teknologi atau bagaimana?
BalasHapusSecara fungsi sama, tapi yang berbeda bentuknya.
Hapusterima kasih atas komentarnya ya
BalasHapus