(KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK PENULISAN TUJUAN PEMBELAJARAN)
COGNITIVE ( C )
Taksonomi Perilaku
|
Kemampuan Internal
|
Kata-kata Kerja Operasional
(BEHAVIOR=B)
| |
C1
|
Pengetahuan
|
Mengatahui.............
Misalnya: istilah, kata benda, kata kerja
|
1.mengidentifikasikan
(2) menyebutkan
(3) menunjukkan
(4) memberi nama
(5) menyusun daftar
(6) mengarisbawahi
(7) menjodohkan
(8) memilih
(9) memberikan defenisi
(10) menyatakan
|
C2
|
Pemahaman
|
Menerjemahkan
Menafsirkan
Memperkirakan
Menentukan ................
Misalnya: metode, prosedur
|
(1) menjelaskan
(2) menguraikan
(3) merumuskan
(4) merangkumkan
(5) mengubah
(6) memberikan contoh
tentang
|
Memahami ................
Misalnya: konsep, kaidah,
prinsip, kaitan antara
fakta dan isi pokok
|
(7) menyadur
(8) meramalkan
(9) menyimpulkan
(10) memperkirakan
(11) menerangkan
| ||
Mengartikan
Menginterpretasikan ......
Misalnya: tabel, grafik, bagan
|
12) menggantikan
(13) menarik kesimpulan
(14) meringkas
(15) mengembangkan
(16) membuktikan
| ||
C3
|
Penerapa n
|
Memecahkan masalah
Membuat bagan dan grafik
Menggunakan .......
Misalnya: metode/prosedur,
konsep, kaidah, prinsip
|
(1) mendemonstrasikan
(2) menghitung
(3) memperhitungkan
(4) membuktikan
(5) menunjukkan
(6) melengkapi
(7) menyediakan
(8) menyesuaikan
(9) menemukan
|
C4
|
Analisis
|
Mengenali kesalahan
Membedakan ...................
Misalnya: fakta dari interpretas
data dan kesimpulan
|
(1) memisahkan
(2) menerima
(3) menyisihkan
(4) menghubungkan
|
Menganalisis ..............
Misalnya:struktur dasar, bagianbagian,
hubungan
|
(1) Memilih
(2) Membandingkan
(3) Mempertentangkan
(4) Membagi
(5) membuat digram/skema
(6) menunjukan hubungan
| ||
C5
|
Sintesis
|
Menghasilkan .............
Misalnya: klasifikasi, karangan,
kerangka teoritis
|
1) mengategorikan
2) mengkombinasikan
3) mengarang
4) menciptakan
|
Menyusun .............
Misalnya: rencana, skema,
program kerja
|
5) mendesain
6) mengatur
7) menyusun kembali
8) merangkaikan
9) menghubungkan
10) menyimpulkan
11) merancangkan
12) membuat pola
13) menyajikan
| ||
C6
|
Evaluasi
|
Menilai berdasarkan normal
internal ....
Misalnya: hasil karya seni, mutu
karangan, mutu
ceramah, program
kerja, dsb
|
1) memperbandingkan
2) menyimpulkan
3) mengkritik
4) mengevaluasi
5) memberi argumentasi
6) menafsirkan
|
Menilai berdasarkan normal
eksternal....
Misalnya: hasil karya seni, mutu
karangan, mutu
ceramah, program
kerja, dsb
|
7) membahas
8) menyimpulkan
9) memilih antara
10) menguraikan
11) membedakan
12) melukiskan
| ||
Mempertimbangkan ...........
Misalnya: baik-butuknya, prokontranya,
untungruginya
|
3) mendukung
14) menyokong
15) menolak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar