RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMAN 3 Sampang
Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi waktu : 1 x 30 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan Operating System (OS)
B. KOMPETENSI DASAR
Melakukan manajemen file
C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Proses
- Mengetahui manfaat manajemen file
- Memahami perintah-perintah dalam melakukan manajemen
- Menjelaskan langkah-langkah melakukan manajemen file
b. Produk
- Menerangkan manfaat manajemen file
- Merinci perintah-perintah dalam melakukan manajemen
- Menguraikan langkah-langkah melakukan manajemen file
2. Psikomotorik
- Mempraktekkan perintah-perintah manajemen file
- Mempraktekkan langkah-langkah manajemen file
3. Afektif
Karakter : Rasa ingin tahu, Aktif, kreatif dan kerja sama
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. Proses
- Setelah dijelaskan siswa kelas X dapat mengetahui manfaat manajemen file dengan tepat dan benar
- Setelah ditunjukkan siswa kelas X dapat memahami perintah-perintah dalam melakukan manajemen file dengan tepat dan benar
- Setelah ditugaskan siswa kelas X dapat menjelaskan langkah-langkah melakukan manajemen file dengan benar
b. Produk
- Setelah didiskusikan siswa kelas X dapat menerangkan manfaat manajemen file dengan tepat dan benar
- Setelah didemonstrasikankan siswa kelas X dapat merinci perintah-perintah dalam melakukan manajemen dengan tepat dan benar
- Setelah ditugaskan siswa kelas X dapat Menguraikan langkah-langkah melakukan manajemen file
2. Psikomotorik
- Setelah ditugaskan siswa kelas X dapat memprktekkan perintah-perintah manajemen file
- Setelah disediakan 1 unit PC siswa kelas X dapat mempraktekkan langkah-langkah manajemen file
3. Afektif
a. Siswa terlibat dalam pembelajaran dengan Rasa ingin tahu, aktif, kreatif dan kerja sama
E. MATERI PEMBELAJARAN
Bahan Ajar (terlampir)
- manfaat manajemen file
- perintah-perintah dalam melakukan manajemen file
- langkah-langkah melakukan manajemen file
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : NHT (Numbered Head Together)
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, praktik dan penugasan.
G. ALAT DAN BAHAN
Alat : LAPTOP dan LCD,
Bahan : Bahan presentasi
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Kegiatan Awal (5 menit)
- Mengecek kesiapan siswa
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Memberi apersepsi dengan mengajak siswa berpikir tentang Tanya jawab tentang operasi dasar pada operating sistem Windows
- Memberi motivasi dengan informasi tentang Windows Explorer dan pengertian Folder dan File
2. Kegiatan Inti (20 menit)
- Guru menjelaskan manfaat manajemen file
- Guru membentuk kelompok anggota 3-4 orang, beri no, 1,2,3,4
- Guru menjelaskan sebagian perintah-perintah dalam melakukan manajemen file (misal : cut, copy, paste, move, new folder, dsb) di power point
- Siswa diberi pertanyaan tentang langkah-langkah melakukan manajemen file (misal : cut, copy, paste, move, new folder, dsb) dan memperagakan membuat folder, menyimpan file dalam folder, menggandakan dan memindahkan file, mengganti nama file (sebagai nilai psikomotorik, afektif)
- Siswa diberi pertanyaan dipecahkan bersama
- Siswa yang disebutkan nomornya akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
- Guru meminta siswa mengerjakan latihan tugas yang telah diberikan.(sebagai nilai kognitif)
3. Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa merangkum materi yang telah dibahas pada pembelajaran hari ini.
- Guru meminta siswa untuk mengulang/melakukan latihan di rumah
- SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku Paket TIK Kls XII
- Laptop
- LCD
- PENILAIAN (Instrumen Penilaian terlampir)
- Penilaian Tes Tulis (Kognitif)
- Penilaian Praktik (Psikomotorik)
- Penilaian Sikap (Afektif)
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Sampang
NIP.
|
Sampang, 29 September 2011
Guru Mata Pelajaran
SITI NURUL HIDAYAH, S.Si
NIP. 198006272008012015
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar